Tak ada yang sempurna: Membuat Dudukan Gitar Listrik Sederhana Dari Kayu Limbah

Membuat Dudukan Gitar Listrik Sederhana Dari Kayu Limbah


....."Assalamu'alaikum Wr. Wb".....










          Apa yang ada di benak sobat saat melihat ataupun mendengar kata "limbah?".
Kebanyakan orang tak mau ambil pusing dengan limbah, mereka serta merta acuh jika ada limbah yang berserakan disekitar mereka.

Namun bagi ane, limbah ialah sampah yang belum sepenuhnya dibilang sampah sih. Limbah ialah barang yang dibuang begitu saja karena sudah tidak terpakai dan terkadang memang sudah tidak diperlukan lagi kegunaannya.

Namun, banyak juga orang yang berasumsi atau beranggapan bahwa limbah ialah sampah yang bisa di daur ulang atau di manfaatkan untuk keperluan lainnya.

Ane pun juga beranggapan demikian sob, "suatu barang yang sudah tidak terpakai adalah karena barang tersebut sudah rusak atau fungsinya sudah tidak kita perlukan lagi".

Satu contoh kecil adalah suatu DVD player tidaklah lagi dikatakan DVD player jika perangkat tersebut sudahlah rusak.

Nah dari situ ane bisa mengambil kesimpulan.
Sederhananya begini sob, kita bisa mengambil komponen dari DVD player tersebut yang masih berfungsi seperti kabel, dinamo, slidingan CD room, body luar dari DVD, dan masih banyak lagi sob. Itu hanya satu dari sekian contoh barang limbah yang menurut ane bisa di alih fungsikan, namun dipertemuan kali ini ane tidak sedang membahas limbah elektronik, melainkan yang akan ane bahas adalah limbah dari kayu. 😂



Okay langsung saja ketopik pembahasan sob, daripada ane kebanyakan bacot malah muter-muter kagak jelas. 😋



"Membuat Dudukan Gitar Listrik Sederhana Dari Kayu Limbah".






  • Pertama yang kita perlukan tentunya kayu limbah, dan juga alat yang akan kita gunakan seperti palu, paku, penggaris, siku, pensil, meteran, lem kayu dll.





  • Lalu potong kayu sesuai kebutuhan, jangan lupa diukur dan dicatat dulu ya sob, jangan asal potong saja. Kemudian rangkai sesuai keinginan sobat. Tapi usahakan menyesuaikan dengan body gitar listrik milik sobat ya. Atur pula kemiringan sandaran, usahakan jangan terlalu miring juga sob, bukannya nyender di dudukan eh malah ambruk, dua kali kerja kan nanti jadinya.





  • Setelah rangkaian dudukan gitar listrik sudah selesai, kemudian kita coba senderkan gitar listriknya. Jika dirasa masih kurang nyaman sobat bisa sesuaikan kembali. 





  • Jika dirasa sudah pas semua dan sesuai dengan yang diharapkan, kemudian kita plitur dan vernis dudukan gitarnya agar corak dikayu bisa nampak dan warna juga lebih natural. Usahakan dirempelas dulu sob kayu dudukan gitarnya agar hasilnya juga lebih memuaskan.





  • Lalu kita jemur di bawah terik matahari atau di daerah teduhnya juga bisa, yang penting kena angin-angin agar cat lebih cepat kering. Jika warna dari pelitur dirasa masih ngeblur, kita bisa menambahkan lagi plitur dan vernis didudukan gitar yang kita buat tadi, agar hasil lebih memuaskan.





  • Selesai




Nah gimana sob, mudahkan cara bikinnya.
"Dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan".


Apapun yang sobat buat haruslah dimulai dari perencanaan, jangan asal bikin aja sob. Dan perihal bagaimana hasilnya nanti bisa dilihat dari proses bagaimana sobat membuatnya. Jika tata cara pengerjaan sobat lakukan dengan baik, maka hasilnya pun akan baik pula.

Dan bila pun hasilnya masih kurang memuaskan, setidaknya sobat sudah membuat perencanaan di awal pekerjaan, jadi sobat bisa mengambil suatu pelajaran untuk membuat suatu karya yang lebih bagus lagi kedepannya.



***







       Itulah yang mampu ane bagikan untuk sobat-sobat sekalian. kurang lebihnya ane minta maaf jika ada salah-salah kata dalam penulisan.

Sekian, dan terimakasih.. 😁














Baca juga :  Merubah Fungsi Lampu Petromax Bekas



















....."Wassalamu'alaikum Wr. Wb".....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar