Tak ada yang sempurna: Skema Membuat Rangkaian Anti Konslet Untuk Servis Lampu LHE Atau Elektronik

Skema Membuat Rangkaian Anti Konslet Untuk Servis Lampu LHE Atau Elektronik


....."Assalamu'alaikum Wr. Wb".....






       Di zaman serba modern seperti saat ini alat elektronik sangatlah lumrah untuk kita jumpai. Setiap hari kita pasti menggunakan benda yang berbau elektronik, seperti smartphone yang kita gunakan untuk hubungan singkat dengan keluarga jauh, televisi untuk hiburan atau sekedar melihat berita terbaru, lampu untuk penerangan rumah kita saat malam hari ataupun disaat diperlukan, dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa kita peroleh dari alat-alat elektronik di jaman sekarang ini.
Namun di samping kelebihan pasti ada kekurangannya, yaitu kerusakan pada komponen elektronik tersebut. Karena semua alat elektronik itu sudah pasti bersifat "tidak ada yang abadi".


Disaat alat elektronik yang kita perlukan tiba-tiba rusak, pasti kita akan merasa kesal ataupun marah. Seperti saat kita pulang kerja, bau keringat dan ingin mandi ternyata lampu kamar mandi sedang tidak nyala dan rusak, pasti ada perasaan kesal karena harus menggunakan lampu emergency hanya untuk penerangan kita mandi.


Karena lampu adalah salah satu alat elektronik yang dapat menghasilkan cahaya, dan pada umumnya disaat malam telah tiba, dan kegelapan pun menerpa, kita pasti membutuhkan dan mencari cahaya, karena cahaya dapat menerangi jalan kita, dan kitapun dapat melangkah tanpa keraguan. 😁


Di era yang sekarang ini hampir setiap rumah pasti menggunakan banyak lampu, dan jika satu lampu rusak kita harus mengeluarkan biaya untuk ke toko membeli lampu baru. Namun jika banyak lampu yang rusak? kita pun juga harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti banyaknya lampu yang rusak tersebut. Jika tanggal tua melanda, apalah daya kantong pun kering keronta.
"Jika bisa diperbaiki ngapain harus beli".
Itulah salah satu slogan andalan ane.😁
Maka dari itu dikesempatan kali ini ane mau membagikan sedikit tutorial membuat rangkaian sederhana anti konslet untuk servis alat-alat elektronik, atau untuk memperbaiki lampu LHE atau lampu hemat energi atau lampu jari atau lampu CFL compact fluorent lamp atau lampu dop putih atau apa lagi ya? terserah sobat ajalah. 😁



      Pada dasarnya komponen dari rangkaian lampu LHE ini mudah sekali rusak jika terjadi lonjakan tegangan listrik tiba-tiba dan juga panas yang berlebih, karena rangkaian lampu LHE menggunakan arus listrik bolak-balik AC dan disaring serta mengubahnya agar menyala terang dan menjadi lebih hemat listrik.


Dan sifat dari arus listrik bolak-balik AC ini adalah mudah sekali konslet jika  kedua kutub (+) dan (-) dihubungkan.
Pasti sobat sudah tau kan sob apa itu istilah dari konslet?!. jika belum begitu paham, ane akan berikan sedikit penjelasan sob. 😁


Konslet adalah Hubungan pendek atau korsleting (dari bahasa Belanda kortsluiting) adalah suatu hubungan dengan tahanan listrikyang sangat kecil, mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar dan bila tidak ditangani dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

sumber :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hubungan_pendek

Dan saat terjadi konsleting jalur kelistrikan dirumah secara otomatis sekering akan terputus atau sakelar mcb dari PLN akan off.
Disaat sobat sedang memperbaiki alat elektronik dan saat dicoba ternyata masih ada yang belum beres, mungkin rangkaian sederhana ini akan sangat membantu kerja sobat. Agar sobat juga tidak mondar-mandir hanya untuk menyalakan sekering rumah yang putus terus. 😁 Dan juga agar listrik rumahpun aman dari kosleting listrik.


karena jika terjadi hubungan arus pendek atau konslet, dan jika tidak segera ditangani maka akan ada percikan listrik yang menyala-nyala yang akan berakibat fatal seperti kebakaran yang menjalar kerumah tetangga. Dampaknya akan semakin parah kan sob. Persis seperti penjelasan dari wikipedia diatas.



      Daripada ane ngomong terus seperti sales suatu produk yang belum laku-laku, langsung saja ke topik pembahasan kawan.
"Skema Dan Cara Membuat Rangkaian Anti Konslet Untuk Servis Lampu LHE Atau Elektronik".

Sebelum sobat memulai membuat rangkaian anti konslet ini, akan jauh lebih baik jika sobat simak baik-baik dan pahami dulu gambar skema berikut :


(skema jalur rangkaian anti konslet)

Skemanya sangat simpel dan mudah kan sob?. 😁 Oke jika sobat sudah paham dengan skemanya, mari kita lanjut ke proses pembuatan.


* Pertama "Siapkan Bahan".



Siapkan bahan-bahannya seperti yang ada pada gambar skema diatas.
Perlu di ingat sob : untuk pengaman
dop atau lampu pijarnya harus "100 Watt" atau bisa lebih.
Di perlukan daya yang besar, karena untuk menghindari lonjakan listrik tiba-tiba yang diakibatkan oleh konsleting rangkaian alat elektronik yang sedang kita perbaiki.







* Kedua "Pengecekan Bahan Dan Perangkaian".



Perlu di cek setiap kondisi bahan-bahan yang akan kita pakai, apakah masih normal atau tidak, meskipun itu baru. Seperti pitingan lampu, kabel, sakelar dan lain-lain.
Setelah itu pasang dan rangkai setiap bahan dengan jalur seperti gambar di skema.







* Ketiga "Rangkaian Selesai Dibuat".



Rangkaian telah selesai dibuat, namun masih belum selesai sepenuhnya.







* Keempat "Pengecekan Rangkaian Saat Servis Lampu LHE".



Pengecekan rangkaian bisa menggunakan avometer (multitester) atau bila dirasa sudah tidak ada masalah, bisa juga langsung digunakan untuk memperbaiki alat elektronik.
Disini ane langsung gunakan rangkaian anti konslet untuk memperbaiki lampu LHE yang rusak.
Namun perlu diingat sob, dalam melakukan tindakan apapun selalu utamakanlah keselamatan.







* Kelima "Rangkaian Anti Konslet Selesai".



Rangkaian anti konslet Selesai. Servis lampu LHE pun berhasil dan aman dari kendala konsleting listrik. 😁




***



Itulah sedikit tutorial dari saya. Semoga bisa menambah wawasan dan kreativitas untuk kita semua.


Note : Jangan bosan untuk mencoba hal baru. Seburuk apapun hasilnya, minimal pernah mencoba. Ciptakan karya dan nikmati prosesnya.




Baca juga : Membuat Wadah Pelindung Avometer (multitester)










....."Wassalamu'alaikum Wr. Wb".....

5 komentar: