Tak ada yang sempurna: Pajangan Dinding Peta Indonesia

Pajangan Dinding Peta Indonesia


....."Assalamu'alaikum Wr. Wb".....






      Rumah adalah tempat kita berteduh. Dari panas dan hujan, dari badai, dari cuaca yang tidak setabil.
Rumah adalah tempat kita berlindung.
Dari segala macam mara bahaya.
Rumah adalah tempat kita bernaung.
Menyejukan hati, mencari ketenangan diri, ketenangan dalam beribadah.

Namun, rumah yang kotor dengan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai dan semerawut, apakah rumah kita dapat masuk dalam kategori silsilah diatas? 😐


Mungkin sudah banyak orang yang tau tentang kata-kata di bawah ini.

"Bersih Itu Indah".

Siapa sih yang tidak menyukai keindahan?!. Keindahan akan memberikan kenyamanan bagi orang yang merasakan.

Limbah atau barang-barang disekitar rumah yang sudah tidak terpakai pasti masih bisa dimanfaatkan.
Disamping untuk mengurangi sampah yang menumpuk, lingkungan pun juga ikut bersih.

Bahkan di zaman now, kita sudah dimudahkan untuk mengexplore hasil karya dari mendaur ulang limbah, memanfaatkan sampah, dan juga membuat karya-karya inovatif dari barang bekas ke internet. Agar dunia tahu bahwa setiap manusia mempunyai cara fikir dan tingkat kreativitas yang berbeda-beda.

Banyak kita jumpai gambar-gambar atau video tentang hasil karya seni atau karya-karya inovatif yang sudah tersebar luas di internet.
Dari situlah ane juga terinspirasi untuk membuat sesuatu dari limbah atau barang bekas yang semoga juga bermanfaat untuk kita semua, walaupun hanya sekedar untuk referensi ataupun semacamnya.


      Seperti biasanya, untuk menambah koleksi mbah google, disini ane akan membagikan sedikit tips dan trik membuat karya inovatif sederhana dari barang bekas yang sudah tidak terpakai.

Membuat Pajangan Dinding Peta Indonesia dari triplek bekas.

Kunjungi juga Wadah Pelindung Avometer



Siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan kawan.


  • Pertama Triplek bekas yang sudah tidak terpakai, ataupun baru juga lebih baik sob. 






  • Lalu siapkan papan kayu sebagai dasar, atau juga bisa menggunakan triplek. Dan juga siapkan gambar peta yang sudah di edit dan di print dengan ukuran keseluruhan gambar 100x50 cm atau bisa juga lebih, tergantung selera sobat.






  • Lalu gunting dan beri nomer atau tandai pulau-pulau pada gambar peta Indonesia agar nantinya tidak tetukar saat di tempelkan di triplek yang akan kita potong dan ukir nanti. Karena Indonesia adalah negara dengan seribu pulau, maka tak heran kita harus teliti dan ekstra sabar dalam pengerjaannya.







  • Setelah gambar di gunting dan di beri tanda, kemudian gambar kita tempelkan di triplek seperti pada SS di bawah. Untuk menghemat triplek dan menghandel bahan yang terbuang percuma. Memang harus ekstra teliti sih untuk proses pemotongan nantinya. 😂





  • Lalu kita warnai sesuai dengan selera background atau kayu papan untuk dasaran pajangan peta indonesia yang akan kita buat, dan sambil menunggu sampai cat kering, kita potong triplek gambar pulau-pulau dengan gergaji ukir seperti pada gambar diatas. Setelah pemotogan selesai kemudian tempelkan dengan lem kayu lem super potongan-potongan pulau gambar peta indonesia yang sudah diberi kode/tanda tata letak ke background papan kayu yang sudah di warnai. Setelah potongan pulau menempel sempurna, kemudian lepaskan kertas yang menempel di potongan-potongan pulau tersebut lalu kita cat ulang atau warnai lagi sesuai dengan selera, agar lebih indah dan rapi, serta sejuk di mata.





  • Setelah semuanya selesai, tinggal kita tempelkan dan Pajang di dinding. Tempatkan di ruang tamu sebagai penghias ruangan atau sesuai dengan selera sobat.   



  • Selesai.



***




Itulah sedikit tutorial dari saya. Semoga bisa menambah wawasan dan kreativitas untuk kita semua.


Note : Jangan bosan untuk mencoba hal baru. Seburuk apapun hasilnya, minimal pernah mencoba. Ciptakan karya dan nikmati prosesnya.








Baca juga :  Skema Membuat Rangkaian Anti Konslet Untuk Servis Elektro Atau Lampu LHE














....."Wassalamu'alaikum Wr. Wb".....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar