Tak ada yang sempurna: Membuat Goretan Lukisan Wayang Raja Angga Karna Di Bambu

Membuat Goretan Lukisan Wayang Raja Angga Karna Di Bambu


....."Assalamu'alaikum Wr. Wb".....









          Dikesempatan kali ini ane akan share lagi sebuah karya karya inovatif sederhana yang mungkin bisa menambah ilmu untuk kita semua ataupun hanya sekedar referensi untuk sobat sekalian, dan juga sebagai tambahan koleksi dari mbah google.

Karena cuaca lagi sangat mendukung untuk ane bermalas-malasan, mari kita langsung saja ke topik pembahasan kawan. 😁



"Membuat Goretan Lukisan Sederhana Wayang Raja Angga Karna Di Bambu"





Pertama kita siapkan alat dan bahan yang akan kita pakai sob.
Bahan dan alat yang akan dipakai untuk membuat sebuah karya inovatif kali ini sangat terjangkau sob, yaitu hanya potongan bambu, pensil, cutter atau pisau ukir jika punya, dan juga kuas dan vernis untuk tahap finishing nantinya.





Ketahap eksekusi kawan.


  • Potong batang bambu sesuai kebutuhan sobat, lalu lukis menggunakan pensil dulu gambar yang ingin sobat buat. Bila sobat sudah tidak ragu atau sudah mahir dalam menggambar, sobat bisa juga langsung menggunakan pulpen agar gambar lebih jelas.  





  • Setelah gambar selesai dibuat, potong lagi bilah bambu agar lebih ringkas dan tidak memakan tempat bila nanti sudah di pajang.





  • Kemudian beri coakan atau gores gambar dibambu menggunakan cutter atau pisau ukir. Jika sobat punya bor mini bahkan semakin lebih bagus sob, karena tidak memakan banyak waktu dalam pengerjaannya dan juga gambar yang dihasilkan pun juga semakin lebih baik dan rapi. Kemudian kita vernis dan jemur di bawah terik matahari atau disampingnya agar hasil gambar lebih maksimal dan tahan lama.  





  • Lalu taruh ditempat yang sobat inginkan sebagai pajangan atau penghias ruangan rumah sobat.





  • Selesai. Silahkan berkreasi sesuai keinginan sobat. 





  • Untuk tambahan agar bahan bambu yang kita pakai tidak mudah lapuk atau kalau di tempat ane dimakan totor. Sobat bisa merendam dulu bambu yang akan sobat pakai di air atau disungai dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulanan. Cukup lama ya. 😁 Atau merebusnya dulu lalu di jemur hingga kering juga bisa. Dan masih banyak lagi lah caranya agar bambu bisa tahan lebih lama saat akan dibuat kerajinan. 



***







      Itulah sedikit tutorial atau referensi yang mampu ane bagikan untuk sobat sekalian. Semoga menambah ilmu dan wawasan untuk kita semua

Kurang lebihnya ane minta maaf bila ada salah kata dalam penulisan. 
Sekian, Terimakasih. 😁













Baca juga :  Membuat Busur Panah Recurve Bow Sederhana




















....."Wassalamu'alaikum Wr. Wb".....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar