Tak ada yang sempurna: Bingkai Foto

Bingkai Foto



....."Assalamu'alaikum Wr. Wb".....





Foto adalah objek yang di tangkap oleh kamera dan menghasilkan suatu gambar. Dijaman yang semakin modern, saat ini kamera pun dapat menangkap gambar lebih jernih seperti objek aslinya. Kamera juga menguntungkan bagi penggunanya. Banyak orang yang menggunakan kamera untuk mengambil gambar atau video demi mengabadikan momen-momen indah bersama keluarga atau pasangannya.

Momen yang indah akan menimbulkan kenangan bagi yang mengalaminya. Namun kenangan itu bisa memudar seiring berjalanya waktu.
Tapi bila saat suatu momen itu diabadikan dan dicetak dalam suatu gambar atau foto, Kenangan itu akan muncul lagi dari ingatan saat melihat foto tersebut.

Foto yang dipajang didinding akan lebih mudah dilihat dan akan dapat terus mengingatkan kita pada suatu momen indah tersebut. Baik itu foto keluarga, potret diri, atau hanya sekedar gambar seni yang dapat menyegarkan mata dan menenangkan hati kala melihatnya.


Namun kita juga perlu menggunakan bingkai untuk memperindah serta melindungi foto tersebut saat dipajang di dinding.
Dan kali ini ane akan membagikan lagi sedikit tutorial cara membuat karya inovatif sederhana yang tidak banyak mengeluarkan banyak biaya. 😉

Cara membuat "Bingkai foto sederhana".

Di mbah Google mungkin juga sudah sering sobat jumpai jenis-jenis frame poto atau bingkai foto yang tak kalah menariknya dan penuh kreativitas pula tentunya.
Namun kali ini ane akan menambah lagi koleksi mbah google, agar beliau punya lebih banyak lagi bahan untuk menginspirasi semua orang. 😁   

Oke langsung saja ke topik pembahasan kawan. 

* Pertama : Siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu "Triplek".


Siapkan dulu triplek bekas atau baru. Untuk harga lembaran triplek yang baru di wilayah ane hanya skitar Rp. 60 ribuan sob. Tapi beda negara beda harga. 😁
Tapi terserah sobat. Jika sobat punya triplek bekas dari pada tidak terpakai mendingan dimanfaatkan jauh akan lebih baik. 





* Kedua : "Pengukuran dan pemotongan".


Tentukan ukuran yang sesuai dengan foto sobat, beri jarak lebih sekitar 1,5 cm pada keseluruhan tepi triplek. 
Beri garis lalu potong triplek menggunakan penggaris dan cutter agar sisi triplek yang sobat potong bisa lebih rapi, serta menghemat waktu saat proses penghalusan nantinya.





* Ketiga : "Perakitan".



Tempelkan setiap potongan-potongan triplek sobat tadi dengan lem kayu. Atau lem super juga boleh agar lebih cepat kering dan menempel.
Namun juga perlu ketelitian dan jauh lebih berhati-hati sob, karena sifat dari lem super yang mudah kering.





* Keempat : "Pemasangan tempat gantungan".


Pemasangan tempat gantungan pun juga sesuai selera sobat. Kalau ane lebih suka di pojok kiri kanan atas agar foto tidak miring atau bergeser saat ditempelkan di dinding nantinya.
Pasang juga fisher dinding atau rumah tempat baut di dinding dengan cara dinding di bor terlebih dahulu untuk tempat masuknya fisher. 

Saran ane jika sobat ingin menempelkannya di dinding jangan di paku sob. Karena hanya akan merusak permukaan dinding sobat bila salah cara memakunya. Sayang sekali jika harus dua kali kerja hanya gara-gara salah cara penerapannya. 





* Kelima : "Gantung dan tempelkan di dinding".


Haluskan seluruh permukaan bingkai foto dengan amplas halus sebelum di pajang di dinding.
Untuk kacanya ane gunakan mika putih yang transparan sob, untuk melindungi foto atau gambar dari debu agar tidak mudah kotor.

Sengaja bingkai fotonya ane biarkan polosan, tidak mewarnai atau mempolesnya agar terlihat lebih artistik atau alami.
Namun bila perlu sebelum bingkai foto nya di pajang, sobat juga bisa mewarnainya terlebih dahulu agar terkesan lebih menyatu dengan warna dinding sobat.

Lalu gantung dan tempelkan di dinding atau dipajang ditempat yang sobat inginkan dan "Selesai".


***



       Itulah sedikit tutorial dari saya. Semoga bisa menambah wawasan dan kreativitas untuk kita semua.


Note : Jangan bosan untuk mencoba hal baru. Seburuk apapun hasilnya, minimal pernah mencoba. Ciptakan karya dan nikmati prosesnya. 





Baca juga : Jam Dinding Talenan









....."Wassalamu'alaikum Wr. Wb".....

3 komentar:

  1. semoga sukses brow,,bingkaine dadi karya menguntungkan

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, semoga juga bisa menginspirasi banyak orang mbah.. makasih kunjungannya mbah gono 😁

    BalasHapus
  3. Bingkainya bagus2... Bisa menjjadi inspirasi untuk foto kita... Gambar bingkai yang bagus

    BalasHapus